7 Manfaat Membaca Buku yang Jarang Diketahui

0
162

Buku. Ia adalah jendela dunia. Begitulah pepatah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengannya, dunia bak kita genggam.

Membaca, selain menjadi hobi yang positif dalam mengisi waktu luang, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kecerdasan maupun hubungan sosial kita terhadap orang lain.

Yuk kita simak, setidaknya ada tujuh manfaat baca buku ini yang jarang diketahui, sebagaimana dilansir dari laman idntimes.com (07/09).

1. Menambah wawasan
Dengan membaca, wawasan kita akan bertambah. Kita dapat mengetahui persoalan-persoalan ataupun kehidupan belahan dunia lain maupun masa lampau meski tidak melihatnya sendiri. Dengan memiliki banyak ilmu kita tidak akan mudah dibodohi oleh orang lain. Masih ingat kan kata bijak dari Francis Bacon?

“Pengetahuan adalah Kekuatan!”

2. Berpikiran terbuka
Orang yang banyak membaca buku akan memiliki pikiran yang luas dan terbuka karena menyerap informasi tidak dari satu perspektif saja. Ia akan selalu melihat sebuah permasalahan dan perbedaan yang ada dengan berbagai sisi, sehingga tidak mengherankan orang yang banyak membaca buku tidak akan mudah menjustifikasi ataupun menyalahkan orang lain.

3. Banyak inspirasi
Kreativitas memerlukan banyak ide-ide yang harus dituangkan dalam bentuk karya. Melalui membaca buku maka kita akan mendapatkkan inspirasi-inspirasi yang akan menjadikan kita produktif.

4. Memiliki hubungan sosial yang baik
Terdapat sebuah penelitian di Amerika Serikat tentang kegemaran orang yang membaca buku. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang banyak membaca buku akan memiliki kepedulian sosial atau rasa empati yang lebih tinggi. Orang yang peduli terhadap orang lain akan selalu disenangi teman-temanya.

5. Memiliki imajinasi tinggi
Berbeda ketika menonton televisi dimana kita dapat melihat gambar-gambar yang ditampilkan. Membaca tidak menampilkan gambar-gambar yang bergerak sehingga pikiran kitalah yang harus bermain. Dengan begitu maka otak kita akan diajak untuk berimajinasi dan mebayangkan informasi ataupun cerita-cerita yang disajikan dalam setiap bacaan.

6. Mengembalikan mood untuk beraktivitas
Dalam keseharian kita tentunya dituntut untuk menyelesaikan berbagai hal, mulai dari pekerjaan di kantor, tugas sekolah, maupun aktivitas lainya. Dengan membaca buku maka kita akan melakukan rehat sejenak untuk menenangkan pikiran sambil menggali informasi-informasi baru dari bacaan.

7. Memudahkan dalam menulis
Semakin banyak kita membaca buku maka akan semakin banyak pula inspirasi dalam menulis yang dapat kita temukan. Selain itu dengan membaca buku akan menambah pembendaharaan kosa kata yang pastinya akan membantu kita dalam hal kepenulisan. Semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula hal yang dapat kita tulis.

Jadi, sudah siap membaca buku setiap hari?


Sumber referensi

LEAVE A REPLY