Agar Si Kakak Tak Cemburu pada Adiknya

0
133

Anak kedua tentu saja adalah anugerah dan kebahagiaan  bagi orangtua. Namun belum tentu begitu bagi sang kakak. Apakah sang kakak sama bahagianya dengan orangtua? Terkadang si kakak justru iri dengan kehadiran adiknya. Untuk menghindari hal tersebut dan membuat kakak lebih menyayangi adiknya, lakukan tips berikut.

Percayalah pada kakak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminta bantuan sang kakak untuk turut menjaga adik bersama-sama. Ini bisa membuat sang kakak lebih dihargai dan dipercaya. Sang kakak akan menganggap kehadiran adiknya sebagai orang yang akan ia jaga dan lindungi, bukan sebagai perebut kasih sayang kedua orangtuanya.

Jangan sampai meminta kakak untuk menjauhi adiknya karena mengganggu istirahat sang adik atau hal lainnya. Sebab ketika kakak dilarang untuk mendekati adiknya, maka ia akan semakin ingin mengganggu adiknya dan mencemburuinya.

Berikan Pemahaman Sejak Awal

Berikan pemahaman sejak awal kepada kakak untuk mengerti peran adik dan kakak di dalam keluarga kecil. Hal ini akan merangsangnya untuk memahami kewajibannya untuk menyayangi dan melindungi sang adik. Begitu pula dengan sang adik, yang juga berkewajiban menyayangi sang kakak.

Jangan Membandingkan Si Kakak dan Si Adik

Hindari membandingkan anak-anak dalam segala hal, pikirkan terlebih dahulu apa yang mau diucapkan sebelum terlontar kalimat membandingkan, karena hal ini bisa menyakiti hati si kakak sedih. Ini penting untuk ditanamkan agar baik sang kakak atau sang adik tak merasa diperlakukan tidak adil oleh kedua orang tuanya, serta menghindarkan kesan ‘pilih kasih’.

Sisihkan Waktu dengan Si Kakak

Menyisihkan waktu untuk pergi dan berbincang bersama kakak merupakan hal yang tak boleh dilupakan. Sebab jika itu terjadi, sang kakak akan merasa seakan dilupakan oleh orangtuanya karena kehadiran si adik. Ajak si kakak melakukan sesuatu, entah itu berlibur, atau sekadar pergi ke supermarket, dan sebagainya. Hal ini akan membuat si kakak merasa masih diperhatikan, bahwa dia tidak di lupakan.

Libatkan Si Kakak

Melansir dari arrahman.id, saat si adik sudah bisa di ajak bermain, ajak si kakak untuk bergabung. Pastinya si kakak akan merasa senang dan bangga apabila diberi kepercayaan untuk mengajari dan mengasuh adiknya. Libatkan sang kakak dalam menjaga adiknya.

Berikan Kakak Pengertian

Memberikan pengertian pada kakak, bahwa si adik masih kecil dan belum bisa membedakan suatu bahaya. Sehingga kakak akan lebih peduli dengan si adik. Karena dia merasa diberi satu tanggung jawab yang baik dan merasa bahwa kamu sebagai orangtua juga peduli dengannya. (Din)

LEAVE A REPLY