Anak Malas Belajar, Begini Cara Mengatasinya

0
139

Anak yang malas belajar merupakan masalah yang sering dihadapi orangtua. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab mengapa anak menjadi malas belajar. Hal ini wajar mengingat kegiatan menulis dan menghitung dianggap suatu kegiatan yang tidak menyenangkan bagi anak. Anak cenderung lebih suka bermain dan aktif sehingga aktivitas belajar menurutnya sangat membosankan, atau bahkan tidak penting. Banyak anak yang malas belajar, sehingga perlu solusi solusi untuk mengatasi anak yang malas belajar. Berikut ini adalah cara- cara mengatasi anak yang malas belajar sebagaimana dikutip dari dosenpsikologi.com

  1. Membuat jadwal belajar

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jadwal belajar. Untuk memperkuat komitmen, maka libatkan anak dalam pembuatan jadwal. Tujuannya adalah agar si anak mampu melaksanakan jadwal yang Ia buat. Jadwal meliputi waktu bermain dan waktu belajar. Apabila anak terlihat bosan dan malas belajar sesuai jadwal, orang tua harus tegas dan menganjurkan anak melaksanakan sesuai jadwal. Hal ini perlu diterapkan perlahan dan terus menerus agar anak terbiasa.

  1. Menyesuaikan suasana belajar yang diinginkan

Setiap anak pasti memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam belajar. Ada anak yang suka belajar ada yang mudah bosan. Untuk itu disarankan bagi orangtua untuk bisa memodifikasi suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi anak misalnya melalui tontonan edukatif dan belajar menirukan. Tontonan edukatif bisa menggunakan alat elektronik seperti TV dengan acara edukatif dan pengawasan orang tua. Modifikasi juga bisa dilakukan dengan mengganti ruangan atau suasana tempat belajar seperti misalnya bentuk meja belajar, cahaya atau lampu belajar, akses terhadap informasi/ buku, dan lainnya.

  1. Berikan dukungan pada anak

Memberi dukungan belajar pada anak bisa berupa asupan makanan yang bergizi. Selain itu orangtua harus memberi perhatian kepada anak jika anak terlihat malas belajar, cobalah tanya kenapa? Dan apa kesulitannya? Dengan begitu orangtua bisa mengetahui kelemahan anak sehingga tahu bagaimana cara mengatasinya. Selanjutnya, jangan marahi anak saat mendapatkan nilai jelek. Berikan dukungan bahwa itu juga merupakan proses belajar dan anak bisa dapat nilai lebih baik selanjutnya.

  1. Mengulangi pelajaran di sekolah

Anak yang malas belajar mungkin juga disebabkan karena distraks untuk bermain lebih tinggi. Orang tua bisa menyiasati pola belajar anak dengan memberikan bimbingan belajar mengulas pelajaran sekolah sepulang sekolah dan menyelesaikan tugas sekaligus. Setelah semuanya selesai barulah anak diperbolehkan untuk bermain.

  1. Belajar menjelang tidur

Salah satu cara belajar yang efektif adalah belajar menjelang tidur. Namun hal ini beresiko anak akan lebih cepat mengantuk. Belajar menjelang tidur dapat memberikan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan daya ingat yang lebih tajam terhadap apa yang dipelajari.

  1. Berikan batas waktu belajar

Anak selalu menganggap bahwa aktivitas belajar sangat membosankan dan lama untuk itu anak perlu diberi batasan waktu dalam belajar. Berikan kesempatan anak untuk melakukan hal lainnya apabila jenuh belajar, namun jadwal belajar harus tetap sesuai dengan jadwal.

  1. Pelajari tipe belajar anak

Tipe belajar masing- masing anak berbeda- beda sehingga perlu pemahaman orang tua agar bisa menyesuaikannya. Tipe belajar yang cocok akan lebih efektif meningkatkan kemampuan anak menyerap apa yang dipelajari.

  1. Dampingi anak belajar

Dengan mendampingi anak saat belajar, maka segala kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar akan mudah diatasi. Selain itu, anak juga lebih mudah mengungkapkan kendala- kendala yang dihadapi dalam pelajaran. Dan yang tidak kalah penting adalah anak akan merasa percaya diri saat menerima pengetahuan baru. Dengan begitu, rasa malas akan berkurang dan anak akan senang belajar saat ada kebersamaan dengan orangtuanya.

  1. Berikan reward atau penghargaan

Adakalanya orangtua perlu memberikan hadiah atau reward kepada anak yang rajin dan mendapatkan nilai yang bagus. Sekali waktu beri pujian juga agar anak semakin bersemangat dalam belajar dan meraih prestasi di sekolah. Hadiah yang diberikan tidak melulu berupa benda atau mainan, bisa juga berupa ajakan liburan ketempat-tempat yang dia sukai.

  1. Beli buku- buku yang menarik

Satu lagi tips yang tak kalah pentingnya yaitu dengan membelikan buku- buku kesukaannya. Ini akan membantu proses belajar anak lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Demikian tips cara mengatasi anak yang malas belajar yang bisa Anda terapkan. Anak yang malas belajar bukan merupakan hal pasti yang negatif, namun bisa dirubah. Dibutuhkan kesadaran dan dukungan dari orang tua untuk memperbaiki pola belajar anak. Meningkatkan keinginan belajar pada anak memang membutuhkan usaha dari orang tua dan ank itu sendiri.(Yet)

 

LEAVE A REPLY