Anak Perempuan Tomboy? Ini Sebabnya

0
227

Istilah tomboy disematkan untuk perempuan yang memiliki karakter atau perilaku seperti laki-laki. Biasanya perempuan seperti ini justru cenderung suka dengan hal-hal yang berbau maskulin mulai dari pakaian, gaya, sampai mungkin pekerjaan yang biasanya dilakukan laki-laki. Gelagat seorang perempuan menjadi tomboy juga dapat terjadi di usia yang masih anak-anak loh Bunda. Yuk simak penyebab anak perempuan menjadi tomboy berikut.

Faktor Biologis

Berdasarkan sebuah studi dari Child Development, hal ini disebabkan lantaran meningkatnya kadar testosteron selama masa kehamilan serta pengaruh lingkungan sebelum anak perempuan memasuki masa sekolah. Menurut studi ini, semakin banyak paparan testoteron pada si kecil ketika masih di dalam rahim, semakin besar pula kemungkinan ia akan jadi seorang yang tomboy. Tak menutup kemungkinan, saat dirinya tumbuh dewasa, dia akan lebih suka permainan yang umumnya dimainkan oleh anak laki-laki.

Faktor Pemikiran dan Pandangan Orangtua

Seperti dikutip di laman WebMD, Melissa Hines, PhD, peneliti dari City University di London mengatakan, faktor lain seperti pendidikan ibu, saudara laki-laki dan perempuan yang lebih tua atau orang dewasa laki-laki di rumah, serta pandangan orang tua terhadap peran gender tertentu, juga dapat memengaruhi munculnya perilaku tomboy lho, Bun. Namun, para peneliti mengatakan bahwa beberapa faktor tersebut belum diperhitungkan mengenai keterkaitan antara testosteron dan perilaku yang ditemukan dalam penelitian ini.

Faktor Lingkungan

Website sayangianak.com menemukan fakta bahwa faktor lingkungan perilaku tomboy ini terjadi karena pola asuh yang salah dari lingkungannya. Karena orangtua lebih suka memakaikan baju lelaki dari pada baju anak perempuan.

Biasanya hal ini terjadi pada orangtua yang menginginkan anak laki-laki. Apalagi sikap maskulin yang diterapkan bisa membuat anak berlaku maskulin juga. Hal tersebut bisa juga terjadi pada anak laki-laki yang diperlakukan secara feminim maka sikapnya juga akan menjadi feminim.

Selain itu faktor lingkungan yang juga mempengaruhinya adalah jika anak perempuan tadi memiliki saudara laki-laki yang berpengaruh kuat pada dirinya. Hal ini dikarenakan semua yang dilakukan saudara lelakinya selalu ditiru olehnya. Maka hal tersebut bisa memicu perilaku si anak tadi menjadi tomboy karena faktor lingkungan tersebut. (Din)

LEAVE A REPLY