Beberapa Aspek dalam Memilih Sekolah Anak

0
153

Memilih sekolah itu ibarat memilih rumah. Untuk itu penting bagi setiap orangtua memilih sekolah yang tepat buat anaknya. Selain memiliki akreditasi yang bagus, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan sekolah yang dipilih. Berikut ini ulasan 6 aspek penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan memilih sekolah.

Kenali kebutuhan anak

Anak bukan kertas kosong. Setiap anak mempunyai kebutuhan uniknya sendiri. Kenali profil belajar anak dan kebiasaan-kebiasan anak. Apakah anak mempunyai kebutuhan khas agar bisa nyaman belajar? Pemahaman ini penting bukan saja dalam memilih sekolah, tapi juga untuk dikomunikasikan nantinya kepada guru guna memastikan kebutuhan anak terpenuhi.

Hitung kemampuan keuangan

Meski sifatnya teknis, tapi kemampuan keuangan sangat menentukan rentang pilihan sekolah yang bisa dipilih orangtua. Lebih baik lagi bila sudah melakukan perencanaan keuangan jauh-jauh hari, sehingga Anda akan punya pilihan sekolah lebih banyak. Hasil penghitungan kemampuan keuangan akan menjadi dasar bagi Anda, kira-kira sekolah yang bisa dipilih buat anak Anda.

Kenali harapan orangtua

Sebagaimana setiap anak unik, setiap orangtua pun mempunyai harapan uniknya sendiri. Ingat kembali masa-masa sekolah Anda. Setiap orangtua tentu ingin pengalaman buruknya selama bersekolah tidak dialami oleh anak dan pengalaman baiknya selama bersekolah dirasakan oleh anak. Selain mengacu pada pengalaman, orangtua tentu punya harapan terhadap anak dan proses belajarnya.

Bangun kesepakatan dengan anak

Meski orangtua yang membiayai, tapi yang bersekolah adalah anak. Kedua belah pihak harus bersepakat mengenai kriteria sekolah yang ideal. Pada anak usia dini yang butuh pengalaman konkret, kesepakatan bisa dilakukan setelah berkunjung ke beberapa sekolah. Tapi untuk memilih sekolah dasar ke atas, orangtua lebih baik membicarakan kriteria sekolah ideal dengan anak sebelum berkunjung ke sekolah.

Mencari Informasi Sekolah

Cari informasi tentang sekolah yang sekiranya cocok dengan hasil kesepakatan Anda dengan anak. Mencari informasi awal bisa dilakukan dengan pencarian informasi sekolah di internet, maupun dengan cara tradisional, bertanya ke orangtua yang lain. Usahakan mencapai informasi selengkap mungkin sehingga Anda punya bahan ketika melakukan kunjungan ke sekolah.

Lakukan observasi sekolah

Lakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan observasi kondisi sekolah. Berkeliling ke penjuru sekolah termasuk ke ruang kelas dan kamar kecil agar bisa mendapat gambaran utuh tentang suatu sekolah. Perhatikan tanda-tanda yang menunjukkan proses belajar yang berkualitas, karena memilih sekolah bukan sekedar memilih bangunan dan fasilitas. Bila memungkinkan, ajukan permintaan agar anak bisa melakukan uji-coba belajar di sekolah tersebut. Untuk membeli pakaian saja kita meminta anak sebagai pengguna untuk mencobanya dulu, apalagi untuk memilih sekolah.

Lakukan wawancara sekolah

Selain observasi, pastikan Anda melakukan wawancara dengan pihak sekolah, bisa pada saat pertemuan tapi lebih lagi bila ada sesi khusus wawancara. Ajukan pertanyaan untuk menggali setidaknya dua hal, konfirmasi kriteria yang sudah Anda sepakati bersama anak dan memastikan kualitas proses belajar di sekolah tersebut.(Muf)

 

LEAVE A REPLY