Begini Cara Mengajarkan Metode Talkin Al Quran pada Anak

0
210

Banyak cara untuk mengenalkan anak dengan Al Quran, salah satunya dengan metode talkin. Metode ini adalah metode yang paling populer di kalangan penghafal dan pembelajar Al Quran. Bagaimana caranya?

Mengajarkan Al Quran merupakan tugas besar para orangtua dan para guru Al Qur’an. Allah telah menjanjikan pahala besar bagi yang mengajarkan Al-Quran, dalam sebuah hadist dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu,  dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari no.5027)

Dikutip dari buku Kurikulum Pendidikan Anak Muslim yang ditulis oleh Syaikh Fuhaim Musthafa, beliau menuliskan bahwa ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengajarkan Al Qur’an.

Salah satunya adalah metode talqin, griyaquran.com menuliskan, bahwa metode Talqin merupakan salah satu metode yang paling popular di kalangan penghafal dan pembelajar Al Qur’an. Metode Talqin  artinya, guru atau orangtua membacakan hafalan kepada anak, dan anak menirukannya.

Memusatkan Perhatian Terhadap yang di Bacakan

Syaikh Fuhaim Musthafa menuliskan, bahwa sebelum pengajar mulai membacakan surat, ia harus mengingatkan anak agar memusatkan perhatiannya terhadap apa yang akan dibacakan.

Jelaskan pada anak untuk tetap fokus dan menyimak bacaan Anda. Dengan menyimak bacaan pengajar, anak bisa menirukan setiap harakat huruf, ketika berhenti saat waqaf pada tempat-tempat berhenti serta cara mengucapkan huruf per huruf secara benar.

Kenalkan Tanda Baca Al Quran

Di samping itu juga memperkenalkan kepadanya tanda-tanda waqaf dan istilah-istilah untuk memperbaiki bacaan pada setiap ayat seperti, mad, idgham, sukun, menebalkan huruf qalqalah, memperjelas makhraj (tempat keluarnya) setiap huruf, hamzah washal, hamzah qatha’   dan lain sebagainya.

Mulailah dengan Pembicaraan yang Ringan

Sebelum pengajar membacakan surat, ia memulai dengan pembicaraan ringan yang menjadikan anak semangat mempelajari surat tersebut dan memahami maknanya.

Perdengarkan Al Qur’an Berkali-kali

Memperdengarkan bacaan Al Quran pada pendengaran anak dengan bacaan yang khusyu’ lebih dari satu kali. Hal ini bertujuan untuk memperkuat ingatannya kepada bacaan yang diberikan.

Membaca Sedikit demi sedikit

Setelah mengulangi mencontohkan bacaan beberapa kali, mintalah anak untuk membaca surat itu sepenggal –penggal sebanyak lebih dari satu kali.  Jangan lupa membenarkan bacaan anak ketika salah, Karen ia akan terus salah membaca sampai dewasa jika tidak dikoreksi saat pembelajaran.

Mendiskusikan Makna Surat yang Dibacakan

Pengajar hendaknya mendiskusikan makna surat kepada anak  dengan memberikan pertanyaan ringan. Hingga pengajar benar-benar mengetahui bahwa seluruh anak sudah memahami makna surat dengan baik.

Berikan penjelasan ayat pada anak dengan makna yang sederhana yang tentunya sesuai tingkatan akalnya, agar mudah di pahami.

Demikian beberapa tips sederhana bagi orangtua maupun guru Al Qur’an untuk mengajarkan Al Quran kepada anak.(Muf)

 

LEAVE A REPLY