Cara Ampuh Mencegah Anak Kecanduan Gadget

0
145

Pemandangan anak-anak ramai bermain di luar rumah bersama kawannya nampaknya sudah mulai langka. Kini tak sedikit anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar gadget. Parahnya lagi, tak sedikit dari mereka yang sampai pada taraf kecanduan gadget. Bagaimana mencegahnya?

Pada era digital seperti sekarang ini, gadget merupakan kebutuhan pokok bagi semua kalangan, tak terkecuali dengan anak.  Ada beberapa orangtua yang mengangap itu hal yang sudah biasa terjadi. Beberapa di antaranya menganggap positif untuk perkembangan anak. Hal itu tak sepenuhnya salah jika, orangtua terus memantau apa yang dimainkan anaknya dan tidak membiarkan anaknya bermain tanpa batas waktu. Namun jika sudah kecanduan, akan berdampak buruk pada perkembangan anak.

Simak tips berikut ini tentang untuk mengatasi ketergantungan gadget  pada anak.

Beri Batasan Waktu

Orangtua harus tegas dan tidak membiarkan anak larut bermain gadget. Jika dibiarkan, efek kecanduannya akan meningkat dengan cepat. Fitur-fitur dalam gadget yang menarik dan beragam akan membuatnya lebih susah membuat anak lepas dari gadget tersebut. Menurut beberapa pakar, batas maksimal anak bermain gadget adalah 1 – 2 jam.

Berikan Mainan Alternatif

Bermain tidak melulu harus dari game yang ada di gadget. Anda bisa memberikan mainan-mainan yang bisa melatih kreativitas maupun kecerdasan mereka, seperti puzzle atau mainan apa pun yang bersifat edukatif dan mereka sukai. Karena bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, salah satunya untuk perkembangan kognitif, perkembangan kreatifitas dan perkembangan fisik.

Luangkan Waktu untuk Anak

Jika ingin anak terbebas dari kecanduan terhadap gadget, ada baiknya  meluangkan waktu untuk bermain bersama anak atau belajar bersama mereka. Karena salah satu alasan mengapa mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang berinteraksi dari orang tuanya.

Biarkan Anak Bermain di Luar

Dewasa ini banyak orangtua yang melarang buah hatinya bermain di luar rumah dikarenakan isu yang berkembang, seperti maraknya penculikan anak dan sebagainya. Meski alasannya dapat diterima, membiarkannya anak terus-terusan bermain hp juga tidak dibenarkan.

Membiarkan anak bermain di luar  dalam rangka mengenal lingkungan, dan belajar dari lingkungan sosial. Ia akan belajar bagaimana berinteraksi dengan temannya yang beragam. Ia akan belajar bagaimana mengatasi konflik dengan temannya, bernegosiasi, dan seterusnya.

Bermain bersama teman akan melatih anak untuk belajar membina hubungan dengan sesamanya, anak belajar mengalah, memberi, menerima, tolong menolong dan berlatih sikap sosial lain yang sangat dibutuhkan untuk masa depannya.

Jangan Bermain Gadget di Depan Anak

Orangtua merupakan sekolah pertama bagi anak, apa yang ia lihat, apa yang ia dengar dan apa yang ia rasakan itulah yang akan dia pelajari, kemudian ia tiru. Jadi waspadalah bagi para orangtua, jika Anda tidak ingin anak kecanduan gadget, maka ubahlah kebiasaan Anda sendiri terlebih dahulu. Letakkan hp Anda, dan mulailah bermain dengan, pasti menyenangkan. (Muf)

 

LEAVE A REPLY