Cara Ampuh Mengajari Anak Untuk Disiplin

0
267

Mendidik anak agar menjadi disiplin memang cukup sulit. Terlalu tegas bisa membuatnya takut, tapi kalau ‘lembek’ juga seperti kurang ampuh.  Lalu bagaimana cara untuk mendisiplinkan anak dengan cara kreatif, tanpa menghilangkan efek positifnya. Berikut ulasannya.

Mengajari anak disiplin adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu sejak usia dini. Hal ini karena kecenderungan seorang anak yang mengganggu, merusak, susah diatur, dan tidak dapat mengendalikan apa yang mereka katakan atau lakukan. Ini semua membutuhkan pengendalian diri atau disiplin diri yang harus dimulai sedini mungkin. Karena apabila terlambat atau terlalu lama untuk mengajarinya, akan susah untuk diubah atau diperbaiki.

Pentingnya kedisiplinan hidup harus dimengerti oleh semua orang terutama seorang ibu yang akan memiliki anak. Orang yang memiliki sifat disiplin akan lebih dihargai oleh orang lain. Akibatnya, hidup yang akan ia jalani menjadi lebih mudah dan sedikit tekanan. Karena ia bisa untuk mengendalikan emosi apabila tengah menghadapi suatu cobaan. Berikut beberapa tips untuk mengajari anak hidup disiplin.

Ajari Anak Untuk Datang Apabila Dipanggil

Salah satu hal sederhana untuk mengajari anak disiplin ialah dengan mengajarinya untuk selalu datang apabila dipanggil oleh orang, terutama orang yang lebih tua. Karena memang saat ini anak susah sekali untuk segera datang apabila tengah dipanggil. Entah itu karea ia sedang sibuk belajar atau pun sibuk bermain. Dan hal seperti ini akan berdampak pada kedisiplinan yang ia miliki kurang.

Metode seperti ini akan mengajarkan kepada anak bahwa kita harus merelakan kesenangan demi kepentingan yang lebih utama. Dengan begitu anak akan memiliki sifat yang rendah hati serta toleransi yang tinggi.

Ajari Anak Untuk Berangkat Sekolah Tepat Waktu

Dengan mengajari anak berangkat tepat waktu ke sekolah dan tidak terlambat, akan membiasakannya untuk selalu disiplin saat melakukan segala hal. Metode ini terbilang sederhana, tapi sangat susah untuk diterapkan. Bagaimana tidak? Susahnya bangun pagi akan membuat aktivitas di pagi hari susah untuk dikerjakan. Namun, apabila kebiasaan bangun pagi yang tidak bisa diubah, akan berdampak buruk juga untuk aktivitas-aktivitas lainnya, baik itu disekolah maupun di kantor nantinya.

Ajari Anak Tidur Tepat Waktu

Supaya anak mudah untuk bangun pagi, tentu kita harus mengajarinya tidur tepat waktu. Bagi anak kecil, tidur malam yang ideal dimulai pukul 21.00 WIB. Dengan begitu, anak akan memiliki waktu tidur yang cukup. Dan akan terbangun dengan sendirinya di pagi hari tanpa harus dibangunkan oleh orang tua.

Tidur tepat waktu membutuhkan banyak kontrol diri bagi seorang anak untuk tinggal ditempat tidur, sementara orang tua masih terjaga. Pasalnya, anak-anak susah untuk melakukannya, baik itu dikarenakan masih ingin bermain game atau menonton tv.

Ajari Anak Untuk Merespon Positif

Kebanyakan anak tidak suka apabila aktivitas-aktivitas yang ia sukai dilarang, seperti bermain ini dan itu. Dan apabila dilarang, ia cenderung akan memberontak dan memberikan respon yang negatif. Hal ini merupakan sifat dan sikap yang perlu diubah dan diluruskan oleh seorang anak.

Disinilah peran orang tua untuk mendisiplinkan anak mereka. Beritahu anak mengenai efek dari apa yang ia lakukan apabila ia memaksa untuk terus melakukan kegiatan yang Anda larang. Ajari anak untuk merespon dengan sikap yang positif.  Hal ini membutuhkan disiplin ilmu untuk membantu anak belajar mengendalikan dorongan keinginan yang berlebihan.

Beri Pujian dan Penghargaan Pada Anak

Setelah anak berhasil mengendalikan keinginan mereka yang berlebihan yang berefek buruk, berikanlah pujian kepada dia. Karena hal ini akan membuatnya untuk terus bersikap baik dan bertanggung jawab. Sehingga sifat disiplin akan dengan sendirinya terbangun dalam diri anak kita.

Itulah cara ampuh mengajari anak disiplin yang bisa Anda ikuti. Bersabarlah dalam menghadapi anak kecil apalagi yang sangat susah diatur. Sebab anak kecil perlu perhatian yang lebih supaya kelak ia menjadi orang yang sukses.(Muf)

 

LEAVE A REPLY