Cegah Perilaku Tomboy pada Anak Perempuan

0
165

Perilaku tomboy, anak permuan yang punya kecenderungan bergaya laki-laki, sebenarnya bisa dicegah, meskipun itu karena faktor genetik tetap bisa dilakukan yaitu dengan cara menekan faktor lingkungan untuk tidak ikut membentuk perilaku tomboy ini.

Ajarkan Bagaimana Harusnya Pria dan Wanita Berpenampilan

Sebenarnya tidak ada salahnya memakaikan kemeja dan celana, main bola dan kegiatan lainya yang berhubungan dengan kebiasaan anak laki-laki pada anak perempuan kita, asalkan semua itu tidak berpengaruh pada pembentukan kepribadiannya. Tetapi orangtua harus sadar untuk mengajarkan perbedaan kodrat wanita dan kodrat pria pada anak, termasuk dalam hal berpakaian dan bertingkah laku.

Sebaiknya sebagai orang tua juga perlu menjelaskan sejak dini mana sikap atau perilaku yang sesuai dengannya. Terutama saat saat masa balita karena dalam usia ini anak masih dalam tahap mencari perilakunya dikemudian hari. Bedakan dengan jelas sesuai dengan jenis kelaminnya. Tentunya dengan penjelasan yang bisa dimengerti oleh si kecil disertai contoh-contoh yang nyata. Orangtua juga perlu berhati-hati dalam membentuk pribadi sikecil. Apabila dalam proses pembentukan pribadi ini kurang tepat, maka prilaku tomboy ini kemungkinan akan semakin kuat terbentuk pada diri anak dan bila dibiarkan mungkin prilaku tomboy ini akan terbawa hingga si anak dewasa. (Sumber: dloepiq)

Jangan Paksakan Jadi Seseorang yang Dia Tidak Sukai

Memaksakan anak terhadap apa yang Anda sukai dan apa yang tidak ia sukai akan membawa dampak buruk pada anak. Salah satunya dapat membuat anak menjadi menyimpang dari jalurnya. Yang seringkali terjadi, orangtua mendidik anaknya sepeti anak laki-laki karena punya keinginan memiliki anak laki-laki, sementara Allah subhanahu wa ta’ala member karunia anak perempuan. Pola didik ini tentu saja berpengaruh pada kebribadian sang anak.

Ajarkan Si Kecil Jadi Sosok Putri Sungguhan

Sebagai orangtua, Anda bisa mencoba mengisahkan banyak tokoh perempuan atau puteri yang menginspirasi dunia. Ajak juga si kecil menonton acara fashion agar lebih terbuka wawasannya mengenai dunia perempuan, tetapi ingat untuk ajarkan anak busana yang sesuai dengan tuntuan Islam. Dengan begitu, dia akan tahu kalau menjadi perempuan itu juga sama menyenangkannya.

Biarkan Dia Mengadaptasi Gayanya Sendiri

Saat dia mulai bisa menyukai dunianya, biarkan dia mengadaptasi gayanya sendiri. Dia pasti akan dibekali naluri untuk suka memadukan busana atau mencoba pakaian ibunya atau apa pun itu. Yang penting, orangtua selalu mendukungnya.

Dengan demikian, si kecil akan merasa nyaman saat mengadaptasi gayanya sendiri. Dalam hal ini, dukungan orang tua, khususnya Bunda akan sangat berarti untuknya. (Din)

LEAVE A REPLY