Empat Salah Kaprah Memilih Sekolah Bagus

0
234

Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Hal ini wajar, mengingat orangtua ingin mengantarkan anaknya untuk bisa mengenyam pendidikan yang bagus dan terjamin mutunya. Tetapi sayang, justru keinginan inilah yang akan membuat orangtua terjebak pada sesuatu hal yang pada akhirnya malah menjerumuskan anak-anaknya pada pendidikan yang salah.

Padahal pendidikan anak akan berpengaruh terhadap masa depan mereka. Oleh sebab itu setiap orangtua disarankan untuk menyekolahkan anak ke lembaga yang memang sesuai minat dan bakat anak. Menurut konsultan parenting profesional, Edy Wiyono atau yang lebih akrab disapa Ayah Edy, hampir semua orangtua mewajibkan anaknya untuk masuk ke sekolah formal yang dianggap terbaik dalam pandangan mereka.

Beberapa juga memaksakan anak untuk mengikuti beragam kursus pelajaran akademis agar buah hati semakin pintar. Padahal tidak semua anak bisa mengikutinya dengan baik. Tak sedikit pula yang menjadi pemberontak karena terlalu banyak diatur oleh orangtuanya.

Maka dari itu, Edy menyarankan agar para orangtua tidak menuruti ego saat mendidik buah hati tercinta, termasuk ketika memilihkan sekolah untuknya. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui apa yang harus dicari dari sebuah sekolah sehingga memastikan bahwa anak menerima pendidikan yang terbaik untuk kebutuhan spesifiknya.

Nyatanya, setiap anak membutuhkan lingkungan yang berbeda untuk memfasilitasi proses belajar mereka yang paling efektif. Pelajari pelbagai jenis sekolah yang akan di pilih, dan jangan sampai salah kaprah dalam memberi penilaian terhadap sekolah tersebut. berikut ini beberapa aspek yang salah kaprah dalam memilihkan sekolah yang tepat pada anak.

Memilih Berdasarkan Fasilitas, Bukan Pada Bagaimana Fasilitas Itu Digunakan.

Buat apa fasilitas, bila siswa sekolah tidak punya keleluasaan menggunakan fasilitas itu atau menggunakannya sebatas pada jam-jam tertentu saja, atau bila siswa tidak distimulasi untuk mengoptimalkan fasilitas sebagai bagian proses belajar. Kenyataannya, sekolah yang bagus justru bisa mengoptimalkan fasilitas apa saja sebagai media belajar.

Memilih Sekolah Bagus Berdasarkan Banyaknya Piala dan Gelar Juara

 Orientasi hasil membuat siswa menonjol cenderung dikarbit dan siswa yang di luar jalur kompetisi cenderung diabaikan sekolah. Pilih sekolah yang membantu anak tumbuh sebagai dirinya sendiri, bukan yang membandingkan anak kita dengan anak lain.

Memilih Sekolah Bagus Berdasarkan Tampilannya yang Sempurna

 Untuk belajar, anak butuh kesempatan mencoba, termasuk kesempatan berbuat keliru dan belajar dari kekeliruan tersebut. Tampilan yang sempurna menunjukkan tuntutan tinggi terhadap sikap sempurna siswa dan tidak toleran terhadap kekeliruan.

Memilih Sekolah Bagus Berdasarkan Gengsi Orangtua

Banyak orangtua yang susah move on, mengacu pada pengalaman dan obsesi di masa lalu untuk menentukan sekolah anaknya. Padahal bukan orangtua, tapi anak yang akan bersekolah.

Mengapa terjadi salah kaprah? Karena cara memilih sekolah yang salah kaprah lebih mudah bagi kebanyakan orangtua. Misal, jumlah fasilitas lebih mudah dinilai dibandingkan cara penggunaan fasilitas sekolah. Mudah tapi salah kaprah atau sulit tapi memilih yang tepat bukanlah pilihan yang asyik.

Demikian ulasan mengenai empat kesalahan yang biasanya menjebak orangtua ketika memilihkan sekolah anaknya. (Yet)

LEAVE A REPLY