Empat Tahun Keatas, Usia Tepat Anak Belajar Calistung

0
116

 

Foto: Wirawan Dwi P.

Hampir semua orangtua berpendapat kemampuan dalam bidang akademik akan memengaruhi masa depan anak. Salah satunya adalah kemampuan anak untuk calistung ( membaca, menulis dan berhitung ) untuk bekal anak masuk SD nantinya. Tapi tahukah bahwa usia empat tahun ke atas adalah waktu tepat bagi anak untuk belajar baca tulis hitung (calistung)

Berdasarkan kutipan dari laman keluarga.com calistung bisa diajarkan pada anak berusia 5 – 7 tahun dengan syarat ada kesiapan yang diterima oleh anak. Pada usia ini minat belajar anak sudah muncul, anak sudah siap berpikir secara optimal dan siap secara motorik. Siap tidaknya, kita bisa melihat dari ketertarikan anak akan suatu kegiatan dan kemampuan komunikasi anak.

Namun pada kenyataannya, orangtua kerap memaksakan anaknya yang belum genap 5 tahun untuk lancar calistung. Padahal, idealnya anak di bawah umur 5 tahun tidak boleh dipaksakan untuk bisa calistung dengan lancar. Namun, kita tetap harus memberikan stimulasi-stimulasi yang bisa mengarahkan anak ke tahap belajar calistung. Hendaknya hanya bersifat pengenalan tidak perlu berlebihan.

Memaksa anak yang belum siap akan berakibat buruk pada perkembangan anak. Anak akan tidak suka baca saat besar nanti, menghambat perkembangan otak kanan anak, kreatifitas anak menjadi mati, menganggap belajar itu sulit, dan akhirnya anak akan mulai malas belajar.

Selain itu, jika orangtua terlalu memaksakan anak balitanya untuk belajar calistung, mereka akan memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dan muncul penolakan. Namun, saran ini tidak berlaku untuk anak-anak yang memang memiliki ketertarikan dalam membaca dan menulis yang sangat tinggi. Apabila balita sudah sangat tertarik, bisa mulai mengajarkan atau memasukkan ke tempat les calistung. Sebelum ikut les, perhatikan cara pengajarannya. Jangan sampai setelah les minat membaca, menulis dan berhitung anak malah menurun. (Yet)

 

LEAVE A REPLY