Sarana & Prasarana

Untuk menunjang terselenggara proses belajar mengajar dan pendidikan karakter yang islami berjalan dengan baik dan optimal,Yayasan Asy Syaamil telah menyiapkan beberapa fasilitas yang dibutuhkan.

Gedung Sekolah

Masing-masing Sekolah di Asy Syaamil baik TKIT Qurota A’yun, SDIT Asy Syaamil, SMPIT dan SMAIT DHBS telah memiliki gedung sendiri yang berada di dua lokasi yaitu di Jl. Selat Karimata Kelurahan Tanjung Laut dan di Jl. Karya Bakti Bontang Lestari. Gedung sekolah Asy Syaamil berada di daerah Tanjung Laut diatas lahan seluas 5700 m2, dan di kawasan Bontang Lestari seluas9 hektar area.

Di setiap ruangan kelas dalam gedung sekolah, juga dilengkapi AC yang akan memberikan kenyamanan dan menunjang proses pembelajaran.

Masjid

Masjid merupakan sarana utama untuk mendidik karakter seorang muslim. Mulai dari melatih kedisiplinan siswa, tanggungjawab, kebersamaan, kepedulian, dan kepemimpinan. Yayasan Asy Syaamil memiliki dua masjid besar yaitu Masjid Ulul Albab di Tanjung Laut dan Masjid Quba di Bontang Lestari.

Asrama Siswa

Terdapat dua lokasi asrama siswa yaitu asrama putri untuk siswi SMPIT dan SMAIT DHBS di Tanjung Laut dan Asrama putra untuk siswa SMPIT dan SMAIT DHBS di Bontang Lestariyang kami kelola sebagaimana mengelola pesantren.

Di asrama inilah proses pembentukan karakter siswa yang islami dilaksanakan. Kegiatan rutin dalam rangka pembentukan karakter yang islami tersebut antara lain sholat berjamaah di masjid setiap waktu sholat, tilawah Al Qur’an minimal 3 lembar perhari, puasa sunnah minimal 3 hari perbulan, dan qiyamul lail setiap hari.

Perpustakaan

Perpustakaan

Yayasan juga memiliki dua unit perpustakaan yaitu di Tanjung Laut dan Bontang Lestari. Fasilitas ini disediakan agar seluruh siswa gemar membaca, baik untuk menambah pengetahuan maupun untuk menambah wawasan mereka.

Laboratorium

Laboratorium Kimia
Laboratorium Bahasa

Beberapa laboratorium yang yang ada untuk menunjang proses pembelajaran antara lain, laboratorium bahasa, laboratorium IPA, dan laboratorium Komputer.

Lapangan Olah Raga

Untuk menjaga kesehatan dan sekaligus mengembangkan potensi siswa Yayasan Asy Syaamil juga memiliki beberapa lapangan olah raga antara lain lapangan futsal terbuka, lapangan bola basket, Bola Volley, dan Tenis Meja.

Ruang Pertemuan

Terdapat tiga ruang pertemuan yang cukup besar yaitu satu ruang pertemuan di gedung SDIT Asy Syaamil, dan dua ruangan masjid Ulul Albaab dan ruangan masjid Quba.

Toilet

Terdapat 167 unit toilet yang terjaga kebersihanya yang tersebar di seluruh kawasan pendidikan Asy Syaamil. Lokasi toilet tersebut ada yang di dekat tempat belajar mengajar, di sekitar masjid, maupun di lingkungan asrama.

Internet

Akses internet juga tersedia baik di Tanjung Laut maupun di Bontang Lestari.

Mini Market

Terdapat dua unit minimarket yang ada yaitu satu unit di Tanjung Laut dan satu unit di Bontang Lestari. Selain itu juga terdapat tempat jajan siswa yang higien di dalam kawasan sekolah yang berada di Tanjung Laut.