Fenomena Tik-tok, Awasi Konten untuk Ananda

0
107

Masih hangat fenomena popularitas dari aplikasi tiktok. Aplikasi yang membuat beberapa orang terkenal secara tiba-tiba. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menginstal aplikasi ini ke dalam gadget mereka hanya semata-mata mengikuti trend atau ingin terkenal.

Ada dampak positif, ada juga dampak negatif. Tentu, orangtua akan khawatir jika anaknya terdampak negatif dari konten-konten tersebut. Perlu pengawasan dari orangtua agar anak tidak terdampak negatif dari konten-konten yang ada. Berikut akan disimak beberapa cara orangtua melindungi konten untuk anak yang disarankan oleh Eset Indonesia, sebuah perusahaan antivirus komputer ternama.

Masuk ke Dunia Anak

Orangtua harus terlibat langsung dengan kegiatan anak agar mereka tahu apa yang mereka lakukan. Dengan ini diharapkan orangtua dapat langsung mengambil sikap dan memproteksi anak.

Aturan Main

Buat kesepakatan dengan anak tentang tentang situs apa saja yang boleh diakses mereka dan durasi waktu yang digunakan. Pilih aplikasi-aplikasi yang mendukung dan terbaik untuk anak. Dan buat kesepakatan apa yang mereka dapat ketika mereka melanggar kesepakatan tersebut.

Ajari Melindungi Privasi

Anak tidak akan sepenuhnya paham tentang masalah privasi, penting bagi orangtua mengingatkan hal-hal terkait privasinya agar mereka tidak dengan mudah menyebarkannya seperti, informasi nomor telepon, nama, email, password, tidak mengijinkan mereka bertemu siapapun secara online tanpa pengawasan orangtua dan tidak menanggapi pesan-pesan yang terkesan mengganggu.

Parental Control

Gunakan beberapa aplikasi parental control yang tersedia agar orangtua dapat menyaring situs-situs yang dapat diakses oleh anak.

Pantau Riwayat Penelusuran

Sewajarnya, orangtua meninjau kembali laman-laman yang mereka kunjungi selama melakukan penelusuran. Ini dimaksudkan agar orangtua tetap dapat memantau apakah anak melakukan hal-hal yang sesuai kesepakatan atau malah melanggarnya.

Lokasi adalah Kunci

Tempatkan computer pada posisi sentral di rumah. Dimana agar orangtua mudah mengawasi anaknya, dan tentu agar anak tidak berani coba-coba mencari tahu hal yang belum saatnya untuk ia ketahui.

Jadilah Karib

Ajarkan kepada anak jika ia merasa tak nyaman atau terganggu oleh suatu situs untuk melapor kepada orangtuanya. Dan, sebagai orangtua sebaiknya juga jangan bereaksi berlebihan seperti melarang mereka dan memarahi mereka. Beri pengertian kepada anak agar ia mengakses konten-konten positif untuk kebaikannya.

Maka dari itu, wajib bagi orangtua untuk paham, mengerti, dan tidak ketinggalan berita tentang aplikasi atau laman-laman yang bisa diakses oleh gadget. Karenanya, Amy Morin seorang ahli parenting dan psikoterapis asal Inggris mengatakan, “Paham dan mengerti berbagai platform media sosial yang sedang populer akan membuat orangtua memahami cara kerjanya dan mereka harus memiliki akun untuk melakukan hal tersebut.”

Lanjutnya, ia berpendapat bahwa ini perlu dilakukan karena tiap media sosial memiliki resiko yang berbeda-beda, sehingga orangtua membutuhkan pengalaman dan pemahaman yang lebih baik. (ipw)

LEAVE A REPLY