Hadapi Ujian Nasional, Ini yang Harus Dipersiapkan Siswa

0
114

 

Dalam beberapa hari mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan ujian nasional (UN). Dimulai dari  tingkat SMK yang akan dimulai pada  2-5 April 2018. Lalu disusul dengan UN Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) pada 9-12 April 2018. Sementara tingkat SMP/MTs, UN dimulai pada 23-26 April 2018.

UN merupakan agenda rutin tahunan yang selalu menjadi perhatian banyak pihak. Bukan hanya siswa saja, melainkan orangtua wali murid dan pihak sekolah bentul-betul memiliki peran dalam mempersiapkan sang buah hati dengan memberikan dukungan dan motivasi.

Dari pihak sekolah memiliki kewajiban untuk mempersiapkan kegiatan pemantapan kepada siswa terkait pendalaman materi, pengayaan, try out dan sejenisnya. Bagi para peserta UN, momen ini menjadi sangat istimewa dan tonggak bersejarah dalam hidup. Meski nilai UN tidak menjadi tolak ukur kelulusan tetapi UN sangat menentukan nasib mereka di masa yang akan datang. Karenanya, segala upaya akan mereka lakukan untuk mencapai hasil terbaik.

Untuk itu, sebagaimana dilansir dari laman sekolahdasar.net memberikan beberapa tips untuk siswa dalam mempersiapkan UN agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Les tambahan di luar jam sekolah

Untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman materi, kebanyakan siswa mengikuti les tambahan diluar jam sekolah. Hal ini sangat bermanfaat sekali mengingat les baik disekolah atau di lembaga bimbingan bisa memberikan berbagai macam tips dalam mengerjakan soal-soal yang sulit.

2. Latihan soal di rumah

Sekalipun sudah mengikuti les tambahan,tampaknya siswa juga perlu untuk mengerjakan latihan mengerjakan soal dirumah demi membantu kelancaran belajar. Cara ini dianggap sangat efektif untuk mengetahui sejauh mana pemahaman atau materi yang sudah dipelajari.
Semakin sering mengerjakan soal, maka siswa akan  semakin paham dan menguasai jenis soal tersebut.

3. Membentuk kelompok belajar dengan teman

Belajar kelompok juga dianggap sangat efektif dan menyenangkan jika dibandingkan dengan belajar mandiri dirumah. Dengan begitu akan banyak pertukaran ide, diskusi dalam sudut pandang yang berbeda atas sebuah persoalan yang pelik. Selain itu, berkumpul bersama teman-teman senasib juga secara langsung bisa mengurangi tingkat stres yang menyerang jelang UN.

4. Meningkatkan ibadah

Selain belajar yang tekun, berdoa dan ibadah juga merupakan suatu bentuk ikhtiar yang tidak boleh disepelekan. Hal ini bukan hanya dilakukan oleh siswa yang bersangkutan tetapi juga orangtua memiliki andil yang sangat besar untuk ikut mendoakan keberhasilan anak-anaknya agar diberi kemudahan dan kesuksesan dalam ujian.

5. Menjaga kesehatan

Segala hal sudah dilakukan, seperti les, ibadah dan belajar tekun tetapi siswa juga diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan. Mengingat hal ini sangatlah penting, karena beberapa kejadian seringkali terjadi seperti sakit pada saat menjelang dan sewaktu ujian berlangsung.

Untuk itu, siswa perlu menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Apalagi dalam kondisi jelang UN, anak-anak kerap berada dalam kondisi stres yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik mereka. (Yet)

 

LEAVE A REPLY