Ini Segudang Manfaat Punya Hewan Peliharaan

0
277

Sebagian orang merasa memiliki hewan peliharaan itu merepotkan. Merawatnya butuh ektra waktu dan tenaga, belum lagi membersihkan kotorannya. Namun ada segudang manfaat apabila si kecil turut merawat dan menyayangi hewan kesayangannya. Simak penjelasan berikut.

Mencegah Stres pada Buah Hati. Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stres, anak kecil pun bisa. Tumpukan Pekerjaan Rumah (PR), tuntutan nilai yang bagus saat ujian, permasalahan dengan kawan sebayanya, dan lain hal bisa memicu stres pada anak-anak. Apabila tak terakomodir dengan baik, maka ini akan membahayakan kesehatan psikis buah hati. Salah satu manfaat dari memelihara hewan peliharaan adalah mencegah stres.

Gail F. Melson, PhD, profesor studi perkembangan anak di Universitas Purdue mengatakan dalam friso.co.id, keberadaan hewan peliharaan di rumah justru dapat membuat kondisi emosional buah hati lebih stabil. Alasannya, buah hati cenderung tidak merasa sendiri dan memiliki tempat berbagi. Hal ini dapat membuatnya nyaman, bahagia, serta tidak mudah stres.

Hal ini pun didukung oleh seorang dokter umum, dr. Yusra Firdaus. Menurutnya, memelihara hewan peliharaan memang dapat membuat buah hati mengurangi stress. “Ketika buah hati memandikan, bermain, atau membelai makhluk berbulu dapat menurunkan tingkat stress,” paparnya dalam hellosehat.com.

Di sisi lain dikatakan oleh seorang yang begawan di bidang kesehatan hewan, drh. Angela Maharani, mengatakan “Apabila seorang anak turut andil dalam merawat dan menjaga si kucing, maka dia pun akan lebih ekspresif dan merasakan emosi positif dan kesehariannya bermain dengan menyentuh bulu halus kucing,” ungkapnya dalam laman moeslema.

Kemudian bukti lain datang dari riset ilmiah. Penelitian dari Virginia Commonwealth University sudah menyatakan bahwa dari 450 pegawai memiliki tingkat stress yang lebih rendah, bukan tanpa sebab hal ini karena mereka bisa membawa binatang peliharaan mereka ke kantor dibandingkan dengan saat mereka meninggalkannya di rumah sendirian. Selain itu menurunkan tingkat stres, satu dari empat pegawai merasakan peningkatan dalam produktivitas kerja. Hal ini sebagaimana yang dilansir dari laman dosenpsikologi.com.

Mengajarkan Tanggungjawab, Kasih Sayang, dan Kepedulian

Gail F. Melson, PhD kembali memaparkan pada situs yang berbeda, bahwa memelihara hewan akan membuat anak belajar arti tanggungjawab. Mereka akan belajar bahwa hewan ialah makhluk hidup yang juga membutuhkan tempat tidur yang layak, makanan yang layak, dan kasih sayang yang cukup.

“Memelihara hewan peliharaan terutama sangat penting bagi anak laki-laki karena mengurus hewan tidak dilihat sebagai pekerjaan yang ‘kewanitaan’ hal seperti masak-masakan, bermain rumah-rumahan, atau bermain dengan boneka,” ungkapnya dalam hellosehat.com.

Menurut psikolog Dra Ratih Andjayani Ibrahim, MM,  jika anak dapat berperilaku baik pada binatang tentu ia pun bisa berperilaku baik kepada manusia. “Namun orangtua harus memastikan hewan tersebut sudah jinak dan tidak menyerang anak, sehingga tidak menimbulkan trauma atau phobia pada hewan tersebut,” terang Ratih dalam detik.com

Menjaga Kesehatan Anak

Menurut dr. Kevin Adrian, seorang dokter umum yang aktif menulis di alodokter.com, sistem imun orang yang memiliki hewan piaraan lebih baik daripada yang tidak. “Kekebalan tubuh yang lebih baik juga terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan piaraan. Berlawanan dengan anggapan umum, penelitian terbaru mengungkap bahwa balita yang dibesarkan dalam rumah dengan hewan piaraan, cenderung lebih terlindungi dari alergi” jelasnya.

Melatih Hubungan Sosial Menjadi Lebih Baik

Hewan peliharaan keluarga menawarkan sebuah persahabatan. Menurut bidanku.com, hubungan seperti ini baik untuk anak-anak, khususnya mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti mereka autisme, atau orang yang merasa terisolasi dari lingkungannya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Personlaity and Social Psychology, mengungkapkan hewan peliharaan mampu membuat anda atau anak anda merasa lebih baik setelah mengalami penolakan sosial. Bahkan penelitian lain yang dilakukan, menunjukan keberadaan hewan peliharaan nampaknya mampu meningkatkan interaksi sosial antara manusia.

Pada dasarnya, membiarkan anak memiliki hewan peliharaan memang dapat mendatangkan manfaat psikologis, sosial, dan kesehatan. Namun hal tersebut harus diiringi dengan mengingatkan anak untuk senantiasa bertanggungjawab merawat dengan baik, serta rutin memeriksakan kesehatan hewan pada dokter spesialis hewan. (Din)

LEAVE A REPLY