Inilah Alasan Mengapa Lailatul Qadar Harus Dikejar

0
119

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qadar datang. Jika melihat keutamaannya, bagi kita yang mengaku beriman, rasanya tidak ada alasan untuk membiarkannya pergi begitu saja.

Meski tak tahu pasti, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi petunjuk bahwa malam Lailatul Qadar terdapat pada malam di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda, “Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR Bukhari).

Mengapa Allah tidak memberitahu kapan tepatnya malam lailatul qadar? Hikmah Allah menyembunyikan pengetahuan tentang terjadinya malam Lailatul Qadar di antaranya adalah agar terbedakan antara orang bersungguh-sungguh mencari malam penuh kemuliaan tersebut, dengan orang yang punya kesungguhan ala kadarnya.

Sepertiga terakhir bulan Ramadhan adalah saat yang penuh dengan kebaikan serta pahala yang melimpah. Di dalamnya teradapat malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Nabi junjungan kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersungguh-sungguh dalam menghidupkan malam di sepuluh hari terakhir Ramadhan dengan berbagai amalan yang melebihi waktu lainnya. Rasulullah tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan ridho dan ampunan Allah ta’ala. Beliau tidak menyiakannya dengan mengisi hari berbelanja di pusat perbelanjaan, namun ‘mengencangkan sarungnya’ untuk beribadah, beramal, dan berdoa.

Terdapat berbagai keutamaan yang terdapat di malam Lailatul Qadar. Pertama, Al Qur’anul Karim diturunkan di malam Lailatul Qadar.  Ini tentu saja membuat malam-malam di 10 Ramadhan terakhir bukan merupakan malam-malam biasa.

Kedua, malam penuh kedamaian bagi orang-orang beriman. Ketiga, beribadah di malam Lailatul Qadar lebih baik daripada beribadah seribu bulan. Keempat, para malaikat bersama malaikat Jibril turun pada malam tersebut dengan membawa rahmat dan berkah. “Pada malam itu turun malaikat-malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan.” (Al-Qadar: 4).

Kelima, Ampunan Allah sangat melimpah di malam Lailatul Qadar. “Barang siapa yang bangun (untuk beribadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan keikhlasan, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa nya yang telah lampau.” (HR Bukhari dan Muslim). Sudah siap mengejar Lailatur Qadar? (din)

LEAVE A REPLY