Jelang UAS, Guru SMAIT DHBS Ikuti Simulasi CBT

0
243

Menjelang UAS (Ujian Akhir Semester) Semester 2,seluruh guru SMAIT DHBS mengikuti simulasi Input dan Pengerjaan Soal CBT untuk Ujian Akhir Semester 2. Simulasi dilakukan di Laboratorium Komputer pada Hari Jumat, 13 April 2018. Dengan simulasi ini diharapkan UAS Semester 2 Tahun Ajaran 2017-2018 yang merupakan UAS pertama dengan CBT full system dapat terlaksana dengan lancar.

Dalam simulasi ini,  Aplikasi UNB CBT gratis, soal latihan lengkap untuk semua mata pelajaran yang ada di Ujian Nasional. Simulasinya mirip dengan tes CBT sebenarnya dimana materi mengacu pada kurikulum resmi di Sekolah. Aplikasi online bisa diakses kapan dan dimana saja, dan latihan bisa diulang-ulang sampai mahir. Hal ini merupakan salah satu langkah strategis SMA IT DHBS menuju “Smart Integrated School”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) akan segera diterapkan menyeluruh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tahun 2018 khusus untuk jenjang SMA dan SMK sederajat, pelaksanaan UNBK ditargetkan mencapai 100 persen artinya Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan sudah diwajibkan.

Secara singkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaanya saat ini, soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.

LEAVE A REPLY