Jurus Menghadapi Murid yang Bandel dari Pak Kiayi

0
156

Jika Anda seorang guru, Anda pasti sepakat jika anak yang bandel merupakan tantangan tersendiri. Lalu bagaimana cara menghadapi murid bandel yang ampuh?  Berikut ulasannya.

Berbagai cara sering diujicobakan. Mulai dari menghukum dengan berbagai varian sampai mencibirnya, ini tentu saja contoh yang tidak baik untuk ditiru. Respon yang demikian ini, kadang tidak solutif. Alih-alih membuat sang anak berhenti, yang ada justru semakin bandel dan menjadi-jadi.

Berprofesi sebagai seorang guru, terhitung susah-susah gampang. Butuh sebuah kesabaran yang tinggi dalam mendidik siswa yang terdiri dari berbagai karakter dan latar belakang.

Permasalahan yang kerapkali dihadapi oleh para guru terletak pada siswa yang nakal dan bandel. Seringkali guru masih bingung dalam menentukan sikap dan menentukan tindakan pada siswa yang bandel.

Berdasarkan paparan di atas, Prof. KH Saifuddin Zuhri (alm), tokoh pergerakan nasional, komandan milisi Islam Hizbullah dan mantan menteri agama RI, beliau juga dikenal sebagai pendidik, dalam otobiografinya yang legendaris, Guruku Orang-orang dari Pesantren, ia banyak menceritakan pengalamannya dalam mendidik. Salah satu hal yang diungkapkan, adalah bagaimana cara seorang guru menangani murid yang bandel atau nakal.

Berikan Nasihat Seperlunya

Ia mengungkapkan salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menghadapi siswa yang bandel adalah memberi nasihat seperlunya. “Anak yang bersangkutan dipanggil ke muka  kelas, diberi nasihat dan peringatan seperlunya. Atau menahan dia pada jam istirahat untuk sekali lagi diberi nasihat dan peringatan,” tulisnya.

“Jangan memarahinya di depan murid yang lainnya, hal ini justru akan membuatnya malu dan membuat kenakalannya semakin menjadi,” tulisnya memperingatkan.

Ada juga alternatif lain, guru bisa mengajak siswa yang bandel tersebut berkunjung ke rumah sang guru. Tanyakan kepadanya, apakah cukup aku sendiri yang menasihati, atau ia mau diserahkan kepada orang tuanya untuk dinasihati?” demikian tulis ayahanda Menag RI Lukman Hakim Saifuddin dalam otobiografinya.

Menurutnya, hal demikian akan membuat siswa berpikir tentang kesalahannya dan mulai menerima masukan yang diberikan sang guru.

Lakukan Pendekatan pada Siswa

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru kepada murid untuk mengantisipasi kebandelannya adalah dengan mengambil hati sang murid. Lakukan pendekatan yang baik dengannya.

“Ada lagi dengan cara lain. Anak itu aku dekatkan di hatiku. Aku panggil ke rumah untuk membantu pekerjaanku yang tidak ada hubungannya dengan sekolah. Misalnya aku ajak menyertai aku ke pasar membeli bibit tanaman dan dia kusuruh menemani aku menanam bibit itu di halaman rumahku. Pokoknya aku dekatkan dengan hatiku dan kuinsyafkan bahwa aku sangat sayang kepadanya,” ujarnya.

Dengan demikian, sang murid akan merasa begitu berart dan disayangi. Hal ini pada umumnya ia berhasil menjadikan anak yang bandel, nakal, menjadi redam. Meski  tidak bisa sekaligus, memerlukan sedikit waktu dan kesabaran.

Demikian ulasan mengenai cara menghadapi murid yang bandel di dalam kelas. Kekerasan tidak akan mengatasi masalah yang ada, namun dengan kesabaran dapat menyelesaikan segalanya.(Muf)

LEAVE A REPLY