Membangun Kemandirian dengan Kerjabakti

0
198

Manusia merupakan makhluk sosial, maka dibutuhkan rasa kerjasama, tenggangrasa dan saling toleransi juga membantu bahu-membahu satu dengan lainnya. Maka sudah sepantasnya kita untuk saling bergotong-royong diantara sesama manusia, saling mengajak untuk berbuat kebaikan dan menjauhkan keburukan sejauh-jauhnya. Bahkan hal ini sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Ahad oleh para santri Ikhwan SMPIT dan SMAIT DHBS untuk melakukan kerjabakti membersihkan seluruh ruangan agar terlihat rapi dan bersih.

Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“… dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (QS. Al Maidah : 2)

untuk itu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga menjabarkan pentingnya gotong-royong atau kerjabakti ini yaitu untuk membangun kekuatan kaum muslimin dan menegakkan kemuliaan agama Islam pada suatu daerah. Selain hadits tersebut, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga mengingatkan pentingnya rasa kebersamaan dan saling tolong menolong,

”Barangsiapa menolong saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

 

LEAVE A REPLY