Kiat Agar Ekstrakulikuler Tidak Mengganggu Waktu Belajar

0
156

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran yang berorientasi pada minat dan bakat yang dimiliki siswa. Dari kegiatan ekstrakulikuler ini, semua minat dan bakat bisa tereksplorasi dengan baik. Untuk itulah, prestasi tidak hanya dilihat dari nilai akademik saja melainkan kemampuan dan skill yang dimiliki siswa patut menjadi pertimbangan tersendiri. Lalu bagaimana jika pada akhirnya kegiatan ini justru malah mengganggu jam belajar siswa. Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Ekstrakulikuler sendiri merupakan kegiatan atau wadah  siswa dalam berkreasi atau menyalurkan bakat serta minatnya. Ekstrakulikuler yang diadakan sekolah ada yang bersifat pendidikan, keagamaan, kedisiplinan, olahraga, seni budaya dan lain sebagainya. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi, melalui ekstrakurikuler maka siswa akan turut aktif juga mengikuti berbagai perlombaan sesuai dengan ekstrakurikuler yang dipilihnya.

Namun yang menjadi permasalahan disini adalah meski kegiatan dinilai sangat positif bagi siswa kenyataannya justru banyak siswa yang pada akhirnya melalaikan tugas utamanya yaitu belajar. Padahal siswa harus mampu mengatur dan membagi waktunya antara belajar dengan kegiatan ekstrakulikuler. Berikut ini merupakan kiat agar ekstrakulikuler tidak mengganggu waktu belajar

Kiat pertama ialah buatlah daftar kegiatan baik harian maupun mingguan. Tulis secara singkat urusan sekolah atau pribadi, berurut mulai dari yang terpenting. Buat agenda mingguan yang berisi jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau les tambahan, tugas rumah, tidur dan makan. Tulis semuanya supaya terlihat urutan waktunya. Buat kalender semester pribadi. Beri tanda-tanda khusus di kalender dinding atau meja setiap tanggal-tanggal khusus, misal tanggal ujian atau kenaikan kelas

Kiat kedua ialah jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar. Banyaklah membaca dan mengulang materi terakhir yang telah diajarkan guru. Dengarkan dengan serius apa yang diterangkan guru dan cobalah mengulang kembali materi yang baru didapat.Gunakan waktu sebaik mungkin. Ada baiknya membaca terlebih dulu materi pelajaran sebelum guru masuk kelas. Begitu juga sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi baru.

Kiat ketiga ialah dahulukan hal–hal yang penting atau sifatnya mendesak, contohnya pekerjaan rumah yang memiliki tenggat waktu atau deadline. Dan Jangan menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk dan tidak bertanggung jawab. Seringkali kita merasa dapat menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline. Namun nyatanya karena terlalu sering menunda – nunda pekerjaan, akhirnya malah membuat jadwal belajar dan ekstrakulikuler menjadi benturan. Semoga bermanfaat (Aby).

 

LEAVE A REPLY