Memanfaatkan Ramadhan untuk Menguatkan Karakter Anak

0
95

Tahukah Anda bahwa mengemas kegiatan Ramadhan yang menyenangkan bagi anak ternyata tidak hanya akan membuat Ramadhan anak menjadi lebih berwarna. Namun, juga dapat menjadi media untuk membentuk karakter anak sejak dini. Berikut ulasannya.

Menjalankan ibadah puasa, akan menjadi hal baru bagi anak-anak. Ada berbagai tantangan yang harus si kecil lewati, mulai dari rasa lapar, dan lemas hingga waktu berbuka puasa. Dibutuhkan peran orangtua untuk mengatur waktu dan kegiatan anak agar puasa yang mereka jalani menjadi menyenangkan.

Berbagi dengan Sesama

Bulan Ramadhan penuh berkah bisa menjadi kesempatan untuk berbagi kasih melebihi bulan-bulan yang lainnya. Salah satunya bisa dengan membagikan makanan kepada para tetangga.

Momen ini bisa juga kita gunakan untuk mengenalkan kepada anak bahwa berbagi itu indah. So, ajak mereka saat anda mengantarkan makanan ke rumah tetangga ya. Kegiatan ini mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain, belajar menjadi tetangga yang baik dan menyayangi orang lain

Ajak Anak Berbagi Takjil Buka Puasa

Berbagi takjil merupakan hal yang lumrah dilakukan ketika bulan ramadhan tiba. Hampir di berbagai sudut jalan terdapat orang-orang yang membagikan takjil berbuka. Sebgai orangtua, anda  pun bisa ikut membuat makanan buka puasa seperti ini, dan membagikannya pula pada orang lain. Jangan lupa ajak si kecil ikut dalam kegiatan ini.

Hal ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dalam hati anak, Ia akan ceria dan ikut bahagia ketika dapat membahagiakan orang lain.Inilah sifat fitrah anak yang perlu kita jaga dan kita rangsang, agar terbentuk pribadi menyayangi orang lain hingga ia tumbuh dewasa nanti.

Membuat Celengan Ramadhan

Kegiatan membuat celengan ini salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak pada umumnya. Selama bulan suci ini, orangtua bisa mengajak si kecil membuat celengan Ramadhan dari berbahan dasar dus, atau kaleng susu. Minta si kecil untuk menghias celengannya sendiri dari kertas warna-warni, biji-bijian seperti biji semangka, biji asem, atau bisa juga menggunakan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah dan bahan daur ulang lain yang bisa kita kombinasikan.

Daftarkan Pesantren Kilat

Jika Anda memiliki anak-anak yang berusia 7 tahun ke atas, pesantren kilat bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan untuk mengisi waktu ramadhan anak. Orangtua bisa mengajak anak untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat yang bersifat formal di sekolahnya, atau yang di dekat rumah, sehingga si kecil bisa belajar agama dan bersosialisasi dengan orang lain untuk mengisi bulan Ramadhan. Jika anak masih berusia prasekolah, bisa diikutkan dalam pesantren kilat yang nonformal, tidak akademis dan dengan metode bermain, agar ia bisa bereksplorasi sebebas-sebebasnya.(muf)

 

LEAVE A REPLY