Mencintai Lingkungan dengan Kegiatan Fieldtrip

0
195

Belajar tak hanya dilakukan di ruang kelas saja, tetapi bisa juga dengan terjun langsung ke lapangan dan bertemu narasumber yang tepat. Ini yang dimaksud dengan fieldtrip. Kali ini siswa-siswi kelas 1 SDIT Asy Syaamil melaksanakan kegiatan fieldtrip di Nursery “Taman Asri” Pisangan.

Sebelum kita membahas apa saja yang dilakukan siswa-siswi kelas satu selama melakukan fieldtrip, alangkah baiknya kita mengetahui apa fieldtrip itu? Fieldtrip merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah, siswa mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih dari kegiatan mereka di luar sekolah yang bisa sekaligus melatih diri sang anak untuk hidup lebih mandiri. Dapat kita lihat apabila siswa yang sering diajak fieldtrip, mereka mampu bekerja lebih aktif, dapat belajar untuk hidup bermandiri, menyegarkan beban pikiran, menghilangakan rasa bosan dengan terus belajar di dalam kelas, belajar banyak hal tentang fakta di sekitar mereka sehingga mereka mampu memperoleh informasi lebih untuk bekal diri mereka.

Selain itu juga para siswa juga dapat dilatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan luar mereka untuk menjadi orang yang lebih berpengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya kegiatan ini membuka mata siswa agar tak seperti katak dalam tempurung. Mereka mampu melihat kehidupan yang ada di luar kehidupan mereka sehingga mereka mampu mengambil kesimpulan atau memperoleh pengertian yang baru tentang kehidupan mereka sekarang ini.

Nah, kalo sudah tau apa pengertian dari fieldtrip dan apa saja tujuannya mari kita simak apa saja yang dilakukan adik-adik kelas satu saat fieldtrip berlangsung. Beberapa foto dibawah ini, bisa kita lihat siswa-siswi kelas 1 sedang belajar menanam pohon. Setelah itu, hasilnya bisa mereka bawa pulang. Tentu saja kegiatan ini sangat menyenangkan karena dengan begitu mereka akan lebih bisa mencintai tanaman dan lingkungan. (Yet)

\

 

LEAVE A REPLY