Menjauhkan anak dari sifat kikir bukan pekerjaan yang mudah, karena pada dasarnya kikir merupakan fitrah tersendiri bagi manusia. Agar sifat ini tidak menumpuk dalam jiwa si kecil ketika besar nanti, yuk, lindungi mereka dari sifat kikir sejak dini dengan mengajarkan sedekah pada anak-anak. Adapun sedekah juga mampu membimbing si kecil untuk selalu rendah hati.

Mengajarkan anak bahwa manusia adalah makhluk sosial

Sebagai makhluk sosial, tentunya antar manusia satu dengan lainnya saling membutuhkan. Bila ada seseorang yang mengalami kesusahan, harusnya orang lain menolong orang tersebut. Mengajarkan sedekah pada anak, berarti melatih anak untuk selalu peka dan peduli dengan kondisi orang di sekitarnya. Lebih jauh lagi, sedekah juga bisa mengikis sifat egois yang ada pada diri anak-anak.

Menanamkan sikap ikhlas pada anak

Yuk, asuh buah hati agar bisa memberi tanpa pamrih. Selama rutin mengajarkan sedekah pada anak, jangan lupa mengingatkan mereka untuk selalu memberi tanpa mengharapkan imbalan atau pujian. Jelaskan pula, amalan sedekah tidak akan ada nilainya bila hanya digunakan untuk pamer.

Memperkuat keimanan anak

Dalam agama Islam, sedekah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Bahkan, sedekah merupakan satu di antara tiga amalan yang tidak akan pernah putus ketika seseorang telah meninggal. Bila si kecil belajar bersedekah sejak dini, sama saja Anda mendekatkan mereka kepada Allah Swt. Siapa pun yang berusaha mendekatkan diri pada-Nya, secara tidak langsung juga meningkatkan keimanan dalam dirinya.

Salah satu cara bersyukur

Sedekah dapat menjadi petunjuk bagi anak-anak bahwa masih banyak orang kurang beruntung di luar sana. Misalkan, mengajak mereka mengunjungi panti asuhan. Dengan melihat teman-teman sebaya yang tidak seberuntung dia, hati mereka pun tergerak untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan.

Membuat anak tidak terpaku pada hal-hal yang bersifat materiel

Selalu ingatkan si kecil bahwa sebanyak apa pun rezeki yang diterima, di dalamnya ada bagian untuk orang lain. Ketika bersedekah, anak-anak diajarkan berani mengurangi apa ia punya untuk membantu kebutuhan orang lain. Tentu saja tindakan tersebut melatih si kecil agar kelak tidak menjadi orang yang tamak.

Sedekah tidak harus dengan uang

Tahukah Bunda bahwa sedekah bisa dilakukan tanpa uang? Ya, sedekah ada banyak macam dan bentuknya. Anda bisa menyampaikan kepada si kecil kalau sedekah tidak hanya berkaitan dengan pemberian barang atau harta. Melainkan, sedekah bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti memberikan senyum kepada sesama, berkata baik pada orang tua, atau membantu pekerjaan orang tua.

Jadi, sudahkah Bunda mengajarkan sedekah pada anak hari ini? Jika belum, yuk biasakan anak bersedekah sejak dini. Tak perlu ribet, Anda bisa mulai meminta si kecil untuk membersihkan kamar tidur sendiri. Karena membantu merapikan kamar tidur juga bisa dikatakan sebagai sedekah, lho.

tinggalkan komentar