Mengisi Liburan Dengan Hal Yang Bermanfaat

0
118

Ketika mendengar kata libur pasti yang ada di benak setiap orang adalah melakukan kegiatan senang-senang dan bersantai. Memang, libur merupakan sarana individu untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Tapi yang menjadi permasalahan apakah waktu liburan yang kita pakai itu bermanfaat atau tidak?

Kebiasaan orang pada umumnya memanfaatkan waktu libur mereka dengan berkumpul bersama keluarga. Ada pula orang yang memanfaatkan waktu libur mereka dengan bepergian ke tempat-tempat wisata. Ada pula yang berdiam diri di kamar sambil makan camilan, membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film Sebenarnya itu tidak masalah. Tetapi, ada baiknya apabila hari libur bisa dimanfaatkan agar mampu produktif, berkarya, dan bermanfaat. Berikut ini kiatnya

Pertama, jika anda sedang berlibur, Anda bisa melakukan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar ini bisa dilakukan dengan mengajar anak-anak jalanan yang kurang mampu, mengajar TPA, mengajar anak  berkebutuhan khusus (ABK). Mengajar ini merupakan sarana mengamalkan ilmu yang telah kita dapat di sekolah maupun saat kuliah. Mengajar merupakan sarana berbagi ilmu pengetahuan kepada orang-orang yang belum diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan.  Meluangkan waktu dan tenaga untuk mengajar merupakan positif dan mendatangkan manfaat bagi diri sendiri maupun sesama.

Yang kedua, jika Anda sedang berlibur, Anda bisa melakukan rekreasi. Rekreasi memang sangat tepat untuk dilakukan di masa liburan di mana anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk melakukan perjalanan dan bepergian ke tempat-tempat yang Anda inginkan. Dengan rekreasi, insya Allah, kepenatan-kepenatan selama melakukan aktivitas harian akan hilang. Lupakan sejenak pekerjaan dan pergilah rekreasi ke berbagai tempat yang menyenangkan.

Rekreasi tidak harus selalu bepergian ke kota atau tempat-tempat yang penuh dengan keramaian. Jika Anda menyukai alam, maka bisa mencoba untuk menikmati wisata alam atau pegunungan. Di tempat seperti ini Anda bisa mencoba berbagai oleh raga menyenangkan, seperti: bersepeda, hiking, mendaki gunung dan yang lainnya. Wisata pantai juga bisa menjadi pertimbangan, selain menikmati keindahan pantai dan lautan dan bisa menikmati berbagai macam permainan air.

Yang ketiga ialah. Kunjungi kerabat lama Selain keluarga dan teman, jangan lupa untuk mengunjungi kerabat dan sanak famili yang sudah lama tidak bertemu. Bersilaturrahmi merupakan suatu sunnah dalam Islam yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari jalur sahabat  Abu Ayyub Al Anshori, Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat.

Silaturrahmi sangatlah dianjurkan karena banyak membawa manfaat yaitu membuat orang yang dikunjungi berbahagia. Yang kedua, silaturrahmi dapat menjalin hubungan baik dengan orang yang telah wafat. Menjalin silaturrahmi juga dapat menjalin kekerabatan dan menjalin rasa cinta kasih terhadap sesama. Semoga bermanfaat (Aby)

 

LEAVE A REPLY