Mengenalkan Hutan Mangrove Agar Cinta Lingkungan

0
216

Pengetahuan terhadap lingkungan merupakan salah satu program yang tepat untuk memberi pemahaman kesadaran terhadap kelestarian lingkungan sejak usia dini. Untuk itu, SDIT Asy-Syaamil berupaya memberikan wawasan tentang lingkungan agar siswa- siswi bisa mencintai lingkungan dan tanaman salah satunya adalah dengan mengajak mereka untuk pergi atau berwisata ke hutan mangrove.

Karena mereka sebagai generasi penerus, harus dibekali dengan pengetahuan cinta lingkungan, tujuan dan manfaat dari pelestarian hutan mangrove. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2018 dari jam 16.00 sampai 17.30 di Taman Mangrove Tanjung Laut. Sebetulnya itu program tersebut masuk dalam kegiatan pramuka.

Manfaat Dari Kegiatan

Hutan mangrove memiliki nilai estetika, baik faktor alamnya maupun kehidupan yang ada di dalamnya. Hutan mangrove memberikan objek wisata yang berbeda dengan objek wisata lainnya. Selain itu kegiatan wisata di area hutan mangrove disamping mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan lapangan pekerjaan dan kesempatan usaha di sekitar area ekosistem hutan dan ekosistem pantai, juga mampu menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem hutan, khususnya hutan mangrove.

Tak hanya berwisata saja, kegiatan ini juga sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai negara dengan area hutan mangrove paling besar di dunia, Indonesia tentu membutuhkan laboratorium lapang yang baik untuk kegiatan penelitian dan pendidikan, maka dari itu hutan mangrove digunakan sebagai salah satu sarana agar kegiatan pendidikan yang berhubungan dengan ekologi.

Berikut beberapa foto- foto yang berhasil diabadikan oleh kakak-kakak pembina selama pelaksanaan kegiatan.

LEAVE A REPLY