SMAIT DHBS BERSAMA ERLANGGA SIAP HADAPI AKM

0
126

Bontang — SMA IT Darul Hikmah Boarding School telah melaksanakan webinar dalam mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bersama penerbit buku Erlangga dengan menghadirkan narasumber ahli oleh Kristiyono Prahoro Sakti, S.Pd, M.M.M. Biomed, Konsultan/Ahli/Praktisi Pendidikan pada Selasa (2/3). Peserta webinar ini adalah manajemen dan guru-guru SMAIT DHBS.

Menurut Kepala SMAIT DHBS, Suparman, S.E dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya webinar ini adalah agar guru-guru SMAIT DHBS mampu memahami standar ujian AKM yang merupakan hal baru dalam pendidikan di saat pandemi ini. 

“Mau tidak mau, kita harus berjalan mengikuti arus yang ada. Karena ketika kita tidak mengikuti perkembangan (kondisi), kita akan tertinggal. Kita akan ditinggalkan, atau bahkan diinjak jika kita diam.” Papar Suparman, S.E, “Maka dari itu kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam menghadapi ujian AKM ini,” lanjutnya.

 

Dalam webinar ini, pemateri Kristiyono Prahoro Sakti, S.Pd, M.M.M. Biomed, sebagai Konsultan/Ahli/Praktisi Pendidikan memaparkan mengenai pengembangan soal standar AKM untuk menguji kompetensi pemahaman, penerapan dan penalaran literasi numerasi pada berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Menurut Kristiyono, kualitas pendidikan di Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini terlihat bahwa Indonesia masuk peringkat pendidikan yang ke-3 terbawah.

 

“AKM ini bukan hanya sekedar pergantian cara assessment, tetapi ada perubahan yang terjadi dengan begitu cepat, yang harus diantisipasi oleh bangsa ini, termasuk sekolah-sekolah, termasuk AKM,” jelas Kristiyono Prahoro Sakti, S.PD, M.M, M.Biomed.

(Rilis/Foto/Editor: Hana/Staff Humas, Deni)

tinggalkan komentar