SMPIT DHBS CETAK GENERASI QURAN MELALUI WISUDA TAHFIDZ

0
370

Bontang — SMPIT Darul Hikmah Boarding School telah mewisuda 166 santri yang terdiri dari 101 siswi dan 65 siswa, yang merupakan siswa-siswi kelas IX SMPIT DHBS dari kelas reguler dan kelas akselerasi pada Sabtu (30/1). Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Bontang, yang bertindak sebagai pengawas dalam proses pelaksanaan kegiatan sekolah di tengah pandemi ini.

 

Wisuda Tahfidz ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang (Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si), Direktur Yayasan Asy Syaamil Bontang (H. Isro Umarghani, S.IP, M.M) , Kepala SMPIT DHBS (Narwisan, S.Psi, M.Pd), Manager Asrama Putri (Syukur Yusuf, LC), Miftah Faridl Mu’min (Hafidz Internasional), guru pengajar SMPIT DHBS, orang tua siswa kelas IX SMPIT DHBS, dan orang tua siswa SDIT Asy Syaamil Bontang.

 

Dalam proses wisuda Tahfidz ini, terdapat dua program hafalan, yakni kelas reguler yang menyetorkan hafalannya 2 sampai 6 juz dan kelas akselerasi yang menyetorkan 10 sampai 30 juz. Seperti yang disampaikan H. Isro Umarghani, S.IP, M.M selaku Direktur Yayasan Asy Syaamil Bontang, kegiatan Wisuda Tahfidz ini merupakan bentuk penghargaan atau apresiasi kepada santri yang telah mencapai target hafalan Al-Quran yang merupakan program unggulan SMPIT DHBS dari kelas reguler dan kelas akselerasi.

 

Pada sambutan Narwisan, S.Psi, M.Pd selaku Kepala SMPIT DHBS, beliau memaparkan bahwa, proses pembelajaran tidak dilaksanakan dengan tatap muka (bertemu langsung), antara pendidik dan yang dididik terpisah jarak, tetapi terhubung oleh jaringan. SMPIT DHBS merencanakan akan masuk sekolah (tatap muka) pada bulan Juni 2020, tetapi keadaan belum kondusif, sehingga merencanakan lagi akan tatap muka pada Januari 2021, tetapi pandemi masih belum berakhir pula. Maka dari itu, pendidik tidak menyerah, tetap melaksanakan proses pembelajaran melalui daring (online) dan terus berusaha serta mengambil hikmah dari adanya pandemi ini.

 

Isro Umarghani, S.IP, M.M selaku Direktur Yayasan Asy Syaamil Bontang menyampaikan bahwa, dalam meningkatkan keimanan dan membangun generasi yang unggul, penting melaksanakan hafalan, dalam hal ini siswa SMPIT DHBS telah melaksanakan hafalan 10 hingga 15 juz, yang dibekali tekad yang kuat, karena Allah menyampaikan bahwa “Al-Quran itu mudah”, yakni mudah untuk dipahami dan dihafalkan. 

 

Kemudian Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, menyampaikan bahwa, Dinas Pendidikan Kota Bontang menyambut baik kegiatan Wisuda Tahfidz SMPIT DHBS yang dilaksanakan secara virtual, dimana angka Covid-19 di Kota Bontang terus menerus mengalami kenaikan, sehingga Pemerintah Kota Bontang harus melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

Dalam wisuda ini, terdapat sesi Question and Answer bersama Miftah Faridl Mu’min (Hafidz Internasional) dalam kiat-kiat menghafal Al-Quran. Setelah itu dilanjut dengan sesi Tasmi (memperdengarkan bacaan Alquran) Surah Ar-Rahman dan uji hafalan oleh santri kelas IX SMPIT DHBS, pembacaan peserta wisuda tahfidz, video penampilan keseharian bersama Al-Quran, Munaqosah Award untuk peserta tahfidz. Lalu ditutup dengan kesan selama melaksanakan program tahfidz oleh perwakilan peserta dan orang tua wisuda tahfidz, serta pembacaan ikrar santri. 

(Rilis/Foto/Editor: Hana/Nisa/Staff Humas, Deni)

Pembukaan Wisuda Tahfidz
Sambutan Kepala SMPIT DHBS, Narwisan, S.Psi, M.Pd
Sambutan Direktur Yayasan Asy Syaamil Bontang, Isro Umarghani, S.IP, M.M
Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si
QnA bersama Hafidz International, Miftah Faridl Mu’min
Uji Hafalan
Pembacaan Peserta Wisuda Tahfidz
Video Penampilan
Kesan dan Pesan

tinggalkan komentar