Sukseskan Gernas Baku, TKIT Qurota A’yun Tanamkan Gerakan Cinta Membaca

0
401

Tanggal 5 Mei 2018 sesuai dengan agenda, adalah puncak pencanangan dimulainya ‘GERNAS BAKU” Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku. Gerakan ini dimaksudkan untuk mendorong peran keluarga untuk meningkatkan kemampuan literasi. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak.

Seperti diketahui, sesuai hasil survey penilaian terhadap siswa pada PISA 2015, Indonesia berada pada urutan 64 dari 72 negara anggota. Ini artinya dalam hal budaya membaca Indonesia sangat ketinggalan jauh dari bangsa-bangsa di dunia.

TKIT Qurota ‘Ayyun, dalam hal ini mengambil peran untuk suksesnya GERNAS BAKU 2018. Acara BERNAS BAKU diselenggarakan di gedung TKIT Qurota ‘Ayyun dimana dikuti oleh 148 siswa dan 120 orang tua wali murid sebagai pendamping siswa. Gernas BAKU adalah suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat.

Tujuan gerakan ini adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua. Menumbuhkan minat baca anak sejak dini, demikian seperti diungkapkan Sukiman selaku Direktur Dit.Bindikkel Ditjen PAUD & Dikmas yang dikutip dari himpaudi.com

Kegiatan diawali dengan doa bersama, menyanyikan lagu indonesia raya, penampilan anak-anak, sambutan, gerak dan lagu GERNAS BAKU, kegiatan membacakan buku, penguatan dari kepala sekolah dan terakhir ramah tamah.

Jadwal Pelaksanaan Gernas Baku 2018 :

Mari gaungkan Gernas baku tidak hanya sebatas seremonial semata tapi menjadi budaya bahwa menanamkan kecintaan membaca pada anak terutama adalah suatu kewajiban, sekaligus kebutuhan dan keniscayaan. Iqra’…iqra’…iqra’…

Dengan adanya Gernas Buku, para orang tua lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak mereka dan memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola oleh paguyuban orang tua.

 

LEAVE A REPLY