Tips Siapkan Hidangan Buka Puasa Sehat dan Praktis

0
100

Lapar mata saat belanja hidangan berbuka puasa kerapkali terjadi, pasalnya ada berbagai macam makanan yang ditawarkan begitu menggoda mata, padahal makanan yang dijajakan tersebut belum terjamin kebersihan dan kesehatannya. Berikut ini tips menyiapkan hidangan puasa sehat, lezat dan praktis.

Berpuasa akan membuat tubuh kehilangan banyak energi setiap harinya. Untuk itu, ketika berbuka, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi menu berbuka yang syarat nutrisi untuk menggantikan energi yang terkuras karena seharian berpuasa. Makan makanan yang asal-asalan, justru akan membuat pencernaan menjadi bermasalah dan tentu akan membuat puasa esok harinya menjadi tidak nyaman. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika menyiapkan hidangan buka puasa,

Pertama, awali dengan menyusun menu atau merancang hidangan yang hendak disajikan. Ini permulaan yang ideal untuk mengatur anggaran belanja dan membeli sesuai kebutuhan.

Kedua, jika menu sudah diatur sekarang waktunya menyiapkan atau memasak hidangan. Idealnya tiap bersantap kita mendapat asupan berupa karbohidrat, protein, sayuran juga buah. Ini akan menjawab kebutuhan nutrisi dan menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Sop berbahan kaldu daging adalah hidangan yang mudah disiapkan dan dapat disantap baik untuk berbuka dan sahur.

Ketiga, siapkan sekaligus hidangan untuk disantap dan disimpan (dibekukan) dalam lemari pendingin. Simpan juga dalam beberapa porsi terpisah agar mudah dipanaskan ulang; tidak perlu memanaskan ulang semua atau terlalu banyak.

Keeempat, walaupun terasa praktis, jika terbiasa dengan hidangan instant seperti mie atau bubur, coba untuk menguranginya. Hidangan instant hanya untuk keperluan darurat dan bukan jadi menu tetap dibulan puasa.

Beberapa menu praktis bisa disantap untuk berbuka maupun untuk sahur. Misalnya roti isi potongan daging dapat jadi hidangan berisi untuk sahur, selain dapat bertahan lama dalam pencernaan juga bernutrisi. Kuncinya adalah menyiapkan cukup waktu untuk mengunyah, jangan terburu-buru bersantap sehingga pencernaan bekerja terlalu keras. Sop sayur, daging atau tumis bisa jadi pendamping yang baik untuk hidangan ini.

Hindari Konsumsi Terlalu Banyak Makanan dan Minuman Manis

Dikutip dari laman sehatnetsle.com menuliskan bahwa untuk berbuka, hindari terlalu banyak menghidangkan hidangan dan minuman manis. Rasa ini memang mudah diterima lidah yang sudah berpuasa 13 jam atau lebih, tapi gula cepat memberi rasa kenyang. Akibatnya kalori pengganti yang dibutuhkan tidak sempat masuk dan selama waktu puasa akan lebih terasa lebih berat.

Menu lain yang mungkin cocok diulang pada berbuka puasa dan sahur adalah soto ayam, sop ayam dimana bisa ditambahkan nasi juga lauk lainnya. Sop memudahkan kita dalam mengunyah hidangan sehingga menghemat waktu.

Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan gorengan. Memang tubuh perlu asupan nutrisi yang lengkap utk metabolisme dan aktifitas, tapi gorengan hanya menambah lingkar pinggang jika tidak dikombinasikan dengan hidangan berserat seperti buah dan sayuran.(Muf)

LEAVE A REPLY