Trik Khatam Quran dalam Sebulan Ramadhan

0
122

Jika di hari-hari biasa intensitas mengkhatamkan Al Quran bisa berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Ramadhan tentu saja berbeda, lingkungan, semangat tentu saja sangat mendukung. Kita bahkan bisa memilih khatam berapa kali dalam sebulan. Berikut ini tipsnya.

Mari analogikan isi Al Qur’an terlebih dahulu. Di dalam al-Qur’an terdiri dari 30 juz yang setiap juznya terdiri dari sekitar sepuluh lembar. Umat Islam diwajibkan untuk sholat lima  waktu dalam sehari. Dan satu bulan Ramadhan berjumlah sekitar 29 atau30 hari. Perhitungan jumlah juz, jumlah lembaran setiap juznya, jumlah perintah shalat lima waktu dan jumlah hari dalam Ramadhan, sesungguhnya sudah sangat memudahkan dalam mengkhatamkan Quran selama sebulan.

Perhitungan-perhitungan ini akan membantu Anda untuk mengkhatamkan al-Qur’an, tidak hanya sekali dalam sebulan, namun dua, tiga bahkan empat kali dalam sebulan.

Target Khatam Sekali Sebulan

Target ini dapat dilakukan dengan membaca Al Quran usai sholat lima waktu sebanyak 2 lembar (4 halaman). Untuk kualitas mengaji yang standar, cara ini akan memakan waktu kurang lebih 5-7 menit. Dengan metode ini 1 juz dapat terselesaikan setiap harinya. Karena rata-rata 1 juz itu 10 lembar,maka jika dibagi 5 akan tamat I juz. Jika puasa genap 30 hari maka di malam takbiran anda sudah khatam Al Qur’an.

Target Khatam Dua Kali Sebulan

Target yang kedua  hampir sama dengan tips pertama. Hanya jumlah lembaran bacaannya dijadikan 4 lembar karena dilipatgandakan. Cara ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit. Selain cara diatas, alternatif lain yang dapat digunakan adalah dengan membaca 1 juz al-Qur’an selepas subuh dan selanjutnya memakai tips pertama(2 lembar per-sholat wajib).

Waktu buat 1 juz sekitar 1 jam. Untuk baca 1 juz ini bisa juga setelah sholat isya sebelum tidur.

Target Khatam TigaKali Sebulan

Tips yang terakhir ini merupakan kombinasi cara pertama dan kedua,yaitu membaca 1 juz setelah sholat subuh dan memakai tips kedua yaitu 4 lembar setelah sholat wajib. Atau 1 juz setelah shubuh lalu 2 lembar tiap habis sholat wajib dan 1 juz setelah isya.

Felix Siauw dalamsalahsatubukunyamengungkapkan bahwa kemampuan dapat terbentuk dari kebiasaan yang selalu dilakukan. Sama halnya dengan mengkhatamkan al-Qur’an. Membutuhkan sebuah pembiasaan untuk membacanya agar bisa mengkhatamkannya dalam satu bulan.

Dengan membentuk kebiasaan membaca Al Qur’an di waktu-waktu khusus yang sudah ditetapkan selama satu bulan penuh istiqamah. Mengkhatamkan Al Qur’an bukanlah menjadi sesuatu yang sulit, justru akan menjadi sesuatu yang mudah apabila telah terbiasa melakukannya.(muf)

LEAVE A REPLY